Pages

topbella

Selasa, 22 Oktober 2013

Pendarahan Hidung Mimisan

images (7)Hidung ayng mempunyai rongga dan dua lubang hidung merupakan tempat masuknya berbagai macam penyakit, terutama penyakti yang menyerang saluran pernapasan. Karena itu hidupng ini harus selalu dipelihara. Segala baksil dan bakteri atau virus dengan gampang memasuki lubang hidung. Karena itu hidung dipersenjatai dengan banyak bulu-bulu hidung untuk menyaring masuknya berbagai kuman penyakit itu. Memelihara lubang hidung itu berarti menghindarkan diri dari berbagai sumber penyakit itu dengan : 1) menjauhkan diri dari orang-orang yang tengah menderita penyakit pernapasan seperti batuk, asma, influenza dan sebagainya; 2) tangan harus selalu dicuci bersih dan tidak minum di bekas gelas orang lain yang diperkirakan  mengandung bibit infeksi pernapasan; 3) tidak memasukkan jari atau merupakan suatu jaminan bahwa yang bersangkutan telah steril dari kuman penyakit. Karena itu perlu dianjurkan kepada siapapun juga agar tidak mengndang berbagia kuma  penyakit untuk memasuki lubang hidungnya, sehingga ia tidak akan mudah terserang oleh berbagai penyakit itu dari luar terutama salah satunya adalah pendarahan hidung mimisan.
Keluarnya darah dari lubang hidung atau sering disebut juga pendarahan hidung mimisan dapat berasal dari vena yang berasal dari rongga hidung bagian depan atau rongga bagian belakang. Kebanyakan pendarahan yang berasal dari darah vena lebih mudah dihentikan, dibandingkan denga yang berasal dari dara arteri yang kadang-kadang sulit diatasi dengan cairan sederhana. Penyebab yang terakhir ini memerlukan tindakan yang lebih besar dan tidak jarang harus dioperasi atau tindakan pembedahan. Banyak penyebab pendarahan hidung ini yang tidak diketahui dengan jelas penyebab-penyebab utamanya. Umumnya yang sering terjadi adalah karena sering mengorek-ngorek lubang hidung atauu tekanan benda tumpul, Tindakan seperti ini sering kali dilakukan oleh anak-anak.
Pada orang dewasa penyebab dari pendarahan hidung mimisan karena udara dingin dan kering. Perubahan udara ini dapat menyebabkan perubahan di sekeliling hidung sehingga aktivitas pada hidung entah itu berupa gesekan dalam rongga hidung atau lubang ingus perlahan saja dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah vena halus didaerah itu.  Tidak jarang pendarahan itu diperberat jika kebetulan orang itu adalah seorang wanita yang sedang haid. Pendarahan hidung sering kali ditemukan pada mereka  yang mempunyai riwayat alergi terhadap zat-zat tertentu. Mungkin saja karena peristiwa bersin yang sering dialaminya mengalami pendarahan terjadi pada hidung.
Pada anak-anak pendarahan hidung mimisan dapat disebabkan oleh adanya benda-benda asing di dalam hidung yang lama bercokol dalam rongga hidung. Kita sama mengetahui anak-anak karena kenakalannya sering memasukkan benda atauu biji-bijian ke dalam rongga hidung. Suatu waktu benda ini masuk ke dalam rongga hidung dan tersangkut di sana berbagai benda asing , namun tidak perlu mengganggu pernapasan si anak.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me