Pages

topbella

Selasa, 22 Oktober 2013

Apa Sih Keutamaan Puasa Ramadhan?

Keutamaan Puasa RamadhanRemaja Islam kudu mengetahui keutamaan ini sehingga bisa semangat terus dalam menjalani puasa sebagaimana diterangkan dalam banyak dalil. Orang yang luput dari melakukan puasa wajib, sungguh amat merugi.
Di antara beberapa dalil yang mengutakan keutamaan puasa terkhusus puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman, "Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Sesungguhnya amalan puasa itu untuk-Ku danAkulah yang  akan membalasnya. ‘Shiyam (puasa) adalah sebagai tameng. Oleh karena itu, bila salah seorang di antara kamu berpuasa, janganlah ia berkata kotor, janganlah berteriak dan jangan (pula) bersikap seperti sikapnya orang-orang jahil. Jika ia dicela atau disakiti orang lain maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aka sedang berpuasa’ (ucapkan: dua kali). Demi Dzat yang jiwa Muhammad ada di genggaman-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah pada hari kiamat (kelak) jauh lebih harum daripada harumnya minyak kasturi. Di samping itu, orang yang berpuasa akan merasakan dua kebahagiaan. Apabila berbuka, ia merasakan gembira dengan buka puasanya dan apabila berjumpa dengan Rabbnya, ia bergembira dengan puasanya.” (Muttafaqun ‘alaih).
Dari Sahl Bin Sa’ad radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sejatinya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan Ar Rayyan, pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk (surga) melalui pintu tersebut, tak seorang pun selain mereka yang boleh masuk. Dikatakan kepada mereka di mana orang-orang yang rajin puasa? Maka segera mereka berdiri untuk masuk, tak seorang pun selain mereka  yang boleh masuk. Manakala mereka sudah masuk ke dalamnya, maka dikuncilah pintu tersebut  sehinnga tak seorang pun (selain mereka) yang masuk. (Muttafaqun ‘alaih)
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala di sisi Allah, niscaya akan diampunkan dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘alaih)
Itulah beberapa dalil yang menunjukkan keutamaan puasa Ramadhan. Semoga Allah memudahkan kita meraih pintu surga Ar Rayyan dengan puasa yang kita jalani.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me