Pages

topbella

Selasa, 12 November 2013

Keutamaan solat tarawih

shalat_tarawihTahukah engkau saudaraku, apa keutamaan shalat tarawih? Dengan engkau mengetahui hal ini, maka pasti akan selalu semangat melakukannya. Berikut penjelasan yang manfaat bagi para remaja mengenai shalat tarawih.
Pertama, akan mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu.
Dari Abu Hurarirah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan atas dasar iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).
Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang diterangkan oleh Imam Nawawi. Hadist di atas menunjukkan besarnya pahala shalat tarawih di sisi Allah, sehingga Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang melakukan shalat tersebut.  Pengampunan tersebut didapat jika shalat tarawih dilakkan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah.
Hadist ini juga menunjukkan bahwa kita manusia sangat butuh kepada Allah, sehingga apa pun yang kita kerjakan kita niatkan dengan tujuan ibadah, karna yang kita harapkan adalah pahala dari Allah bukan yang lainya.
Jika kita telah mengetahui tentang besarnya pahala orang yang  mengerjakan shalat tarawih, sudah sepantasnya kita semakin giat mengerjakanya di Bulan Ramadhan saat  ini dan seterusnya.
Kedua¸shalat tarawih bersama imam sepeti shalat malam semalam penuh.
Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
“Siapa yang shalat malam bersama imam sampai selsai¸ maka ditulis baginya pahala melaksanakan shalat semalam penuh.” (HR. An Nasai, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Ahmad).  Hal ini juga sekaligus merupakan anjuran bagi kaum muslimin untuk mengerjakan shalat tarawih secara berjamaah, dan mengikuti imam sampai selasai.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
nrayuans's Blog© DiseƱado por: Compartidisimo