Pages

topbella

Selasa, 11 September 2012

Remidi Geografi


Oleh : Nur Ayu Annisa
Kelas : X.2

1.   - Era geografi klasik (XVIII)               : Menjelaskan dan mendeskripsikan zaman.
- Era geografi pertengahan (XIX)         : Menerangkan secara sistematis (komperatif).
- Era geografi modern (XX)                : Sistematis, tersusun, maju, modern (global).
       2.    Pengertian geografi menurut R. Bintarto adalah geografi yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, baik secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.
       4.    Geografi Fisik: Geografi fisik mempelajari gejala-gejala alam di permukaan bumi yang meliputi atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer. Gejala-gejala alam tersebut berkaitan dengan bentuk, relief, iklim, dan segala sesuatu tentang bumi, serta tentang proses-proses fisik yang terjadi di darat, laut, dan udara yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.
            Geografi Sosial: Geografi sosial mempelajari segala aktivitas kehidupan manusia di bumi dan interaksinya dengan lingkungan, baik dalam lingkungan sosial, ekonomi, maupun budaya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa geografi sosial (geografi manusia) mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan dan dampak lingkungan terhadap manusia.
            Geografi Regional: Geografi regional mempelajari topik atau bahasan khususnya yang mencakup suatu daerah atau wilayah tertentu. Geografi regional merupakan bahasan yang menyeluruh, baik dari aspek fisik ataupun sosial sehingga dianggap sebagaio bentuk tertinggi dalam geografi.
       3.    Obyek studi geografi (Obyek studi geografi adalah fenomena geosfere yang meliputi litosfere, hidrosfera, biosfera, atmosfera, dan antrophosfera).
       5. 7 konsep esensial geografi adalah lokasi, jarak, keterjangkauan morfologi, digomerasi, daya kegunaan pola, deferensiasi areal, interaksi terkaitnya keruangan.
       6. Pendekatan kompleks wilayah adalah analisis geografi dalam pendekatan kompleks wilayah mempelajari fenomena atau kejadian berdasarkan hubungan aspek-aspek suatu wilayah tertentu yang berkaita dengan wilayah lainnya. Artinya, permasalahan yang dikaji dalam pendekatan kompleks wilayah adalah permasalahan keruangan komplek antar wilayah yang tidak dapat diselesaikan dengan hanya pada satu ruang wilayah tertentu.  Contoh :
Untuk mengatasi banjir di Jakarta, Pemda DKI bekerjasama dengan Pemda daerah sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) untuk memperbaiki DAS dan menggalakkan penghijauan.
       7. Contoh pendekatan ekologi : Para petani zaman dulu dalam waktu setahun hanya mampu bercocok tanam hany sekali, karena kebutuhan pengairan hanya mengandalkan dari musim hujan (tadah hujan), sementara jumlah penduduk semakin bertambah, kebutuhan terhadap pangan juga bertambah, maka manusia berupaya bagaimana agar kebutuhan irigasi untuk pengairan pertanian bisa sepanjang musim dan tahun, maka dibuatlah bendungan. Kemudian dengan bioteknologi juga sudah ditemukan varietas pada yang bagus dengan usia dan masa panen cukup pendek.
     8. Contoh pendekatan keruangan : Contoh penggunaan pendekatan keruangan adalah perencanaan pernbukaan lahan untuk daerah permukiman yang baru. Maka yang harus diperhatikan adalah segala aspek yang berkorelasi terhadap wilayah yang akan digunakan tersebut. Contohnya adalah morfologi, ini kaitannya dengan banjir, longsor, air tanah. Hal itu diperlukan karena keadaan fisik lokasi dapat mempengaruhi tingkat adaptasi manusia yang akan menempatinya.
     9. 4 Prinsip-prinsip geografi : Prinsip penyebaran, prinsip interrelasi, prinsip deskripsi, prinsip korologi.
     10. Prinsip Interelasi adalah Hubungan yg saling terkait antara gejala yg satu dgn gejala yg lain dlm satu ruang tertentu. Contoh : hutan gundul terjadi karena penebangan liar.
     11. Pengertian geografi politik adalah geografi politik aadalah cabang geografi yang kajiannya mengenai kondisi lingkungan di dalam suatu pemerintahan atau Negara yang meliputi hubungan regional dan internasional di permukaan bumi. 
    12. Klimatologi berasal dari kombinasi dua kata Yunani, yaitu klima yang diartikan sebagai kemiringan(slope) bumi yang mengarah pada pengertian lintang tempat dan logos yang berarti ilmu. Jadi klimatologi didefinisikan sebagai ilmu yang memberi gambaran dan penjelasan penjelasan sifat iklim, Secara mudahnya, ilmu iklim/klimatologi yaitu cabang ilmu pengetahuan yang membahas sintesis atau statistik unsur-unsur cuaca hari demi hari dalam periode tertentu (beberapa tahun) di suatu tempat dan wilayah tertentu.
       13.  Geomorfologi berasal dari bahasa yunani kuno, terdiri dari tiga akar kata, yaitu Ge(o) =  bumi, morphe =  bentuk dan logos  =  ilmu. Sehingga kata geomorfologi dapatdiartikan sebagai ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi. Berasal dari bahasa yang sama, kata geologi memiliki arti ilmu yang mempelajari tentang proses terbentuknya bumi secara keseluruhan.

       14.  7 gejala geosfer yaitu :  Pesebaran pemukiman, pesebaran pusat-pusat aktivitas, gunung api, iklim, cuaca, permukaan bumi.

       15.  Banjir yang lama surutnya disebabkan karena got mampet dengan banyaknya mesyarakat yang membuang sampah di got tersebut.
   

0 komentar:

Posting Komentar

About Me