Pages

topbella

Sabtu, 17 Agustus 2013

Ulama Mesir Minta Militer Kembalikan Mursi Sebagai Presiden


KAIRO (gemaislam) – Hampir sepekan Muhammad Mursi dilengserkan dari jabatan pimpinan Mesir. Selama itu pula militer yang telah menjanjikan untuk menjaga darah dan keamanan rakyatnya, justru bertindak tidak seperti yang mereka janjikan. Hingga kini, massa pendukung Mursi yang melakukan unjuk rasa bahkan telah banyak yang jatuh menjadi korban.
Laporan terakhir menyebutkan bahwa hingga kini, sedikitnya 51 orang pendukung Mursi tewas akibat peluru yang dilepaskan oleh militer. Militer yang kewalahan menghadapi pengunjuk rasa, melepaskan tembakan guna menghalau kumpulan massa.
Menyikapi kondisi Mesir yang semakin kacau, Majlis Syuro Ulama Mesir meminta militer untuk segera mengembalikan jabatan presiden kepada Muhammad Mursi. Alasannya, Mursi merupakan presiden sah yang dipilih oleh rakyat Mesir.
Dikutip dari islammemo, Senin (8/7), para ulama Mesir juga menekankan kepada militer untuk segera menghentikan berbagai penangkapan yang selama ini gencar dilakukan. Berikut teks lengkap pernyataan Majlis Ulama Mesir :
Segala puji bagi Allah, sholawat dan salam semoga tercurah kepada Rosululloh, amma ba’du:
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : “Dan perdamaian itu lebih baik” (QS Annisa : 128).
Sesungguhnya Majlis Syura Ulama Mesir telah melihat dan mengikuti perkembangan yang terjadi di Mesir pada waktu ini, dimana telah banyak hal-hal terjadi yang menimbulkan pertumpahan darah antar sesama penduduk negeri ini. Ini bukanlah sesuatu yang diridhoi oleh Allah dan juga tidak diridhoi untuk orang-orang yang memberi nasihat.
Dan setelah mengadakan musyawarah, Majlis Syuro memberikan beberapa pandangan agar kita semua bisa segera keluar dari krisis ini, dan syariat ini kembali kepada keadaan seperti biasa. Juga agar darah dan harta rakyat Mesir kembali menjadi terjaga.
1.Mengembalikan presiden terpilih Doktor Muhammad Mursi kepada jabatannya selaku presiden resmi negara.
2.Meminta kepada Doktor Muhammad Mursi untuk membentuk pemerintahan yang kompeten guna melayani negeri.
3.Meminta untuk segera dihentikan penangkapan-penangkapan yang terjadi dalam krisis ini.
4.Segara diusahakan rekonsiliasi nasional dari semua pihak yang bertikai, serta mengedepankan rasa toleransi dan saling memaafkan.
5.Meminta untuk segera diadakan pemilihan perlemen.
6.Menyerukan agar pemerintah yang dibentuk berasal dari mayoritas rakyat, serta mempertimbangan kelangsungan hidup pemimpin.
7.Kami berpendapat bahwa apa yang dilakukan oleh militer, merupakan hasil dari ijtihad – semoga Allah mengampuni mereka-, mereka tidak dicerca karena kami melihat kecintaan mereka terhadap negara ini dan usaha mereka untuk kepentingan rakyat dan negara. Dan janganlah mencela mereka untuk bisa kembali kepada kebenaran. Allah berfirman : “Bertakwalah kalian kepada Allah dan peliharalah hubungan baik sesama kalian” (QS Al-Anfal :1).

0 komentar:

Posting Komentar

About Me